Sabtu, 05 Januari 2013

Buah Ceri Untuk Mengatasi Asam Urat



Jangan remehkan buah-buahan berwarna merah berukuran kecil ini. Kandungan antioksidan di dalamnya ternyata cukup efektif untuk mencegah nyeri penyakit asam urat.
 
Asam urat atau gout adalah salah satu jenis penyakit rematik yang disebabkan oleh asam urat yang mengkristal di persendian sehingga menyebabkan pembengkakan dan nyeri. Persendian di bagian kaki merupakan bagian tubuh yang sering terkena asam urat.

Dalam penelitian terhadap 663 pasien selama setahun, diketahui bahwa konsumsi buah ceri secara rutin bisa mengurangi serangan asam urat sampai 35 persen. Ceri yang dikonsumsi bisa dalam bentuk segar atau pun ekstrak sebanyak tiga porsi dalam dua hari.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa senyawa kimia dalam buah-buahan bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Pada pasien yang mengombinasikan obat asam urat dari dokter dengan konsumsi buah ceri, serangan asam urat mereka berkurang sampai 75 persen dibandingkan dengan pasien yang tidak minum obat atau tidak makan buah ceri.

"Sudah lama diketahui bahwa beberapa jenis buah, terutama ceri, bisa mencegah asam urat dan artritis rematoid yang termasuk dalam penyakit akibat peradangan di bagian sendi," kata Prof. Alan Silman, direktur medis dari Arthritis Research, Inggris.

Ia menjelaskan, kandungan antioksidan dalam ceri merupakan penghambat (inhibitor) enzim alami yang memang disasar oleh beberapa obat antiperadangan.

"Dari studi ini terbukti bahwa minum obat asam urat dan juga rutin makan buah ceri secara signifikan akan mengurangi serangan asam urat," kata Silman.


A ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar