Sabtu, 05 Januari 2013

8 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan



Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam reep masakan Indonesia. Bahan ini dipercaya dapat meningkatkan cita rasa suatu masakan. Namun, tahukah Anda bahwa bawang merah memiliki berbagai khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh? 

1. Antioksidan
Komponen dalam bawang merah adalah minyak asiri, sikloalilin, metalilin, hidrolilin, kaemferal, kuersetin, floraglusin, saponin, peptida, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Kandungan ini merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga bersifat melawan efek karsinogenik. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa konsumen bawang merah lebih jarang menderita kanker kolon. Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat bahwa penduduk Indonesia, China, dan India sangat jarang menderita kanker saluran pencernaan.

2. Mencegah Hipertensi dan Stroke
Tanaman yang memiliki nama latin Allium cepa ini dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterolbaik dalam tubuh dan menekan kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol jahat inilah yang menyebabkan plak pada pembuluh darah sehingga terjadi sumbatan. Jika plak tersebut menebal, maka pembuluh darah kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, penderita mengalami hipertensi, bahkan pembuluh darahnya mudah pecah atau stroke. Nah, konsumsi bawang merah dipercaya dapat mencegah penyakit yang mengganggu aliran darah tersebut.

3. Mencegah Diabetes
Manfaat lain dari bawang merah adalah mengobati pembekuan darah dan menurunkan kadar glukosa. Bawang merah dapat menjaga kestabilan insulin dan kadar gula dalam darah. Inilah alasan mengapa bawang merah dianjurkan untuk penderita diabetes. Untuk terapi makanan, disarankan mengonsumsinya beberapa kali seminggu dalam jumlah wajar.

4. Menyembuhkan Luka
Minyak asiri yang terkandung dalam bawang merah dipercaya dapat menghilangkan jaringan parut (akibat tindakan medis) atau gangren pada penderita diabetes. Jadi, bagi Anda yang baru menjalani operasi atau penderita diabetes disarankan mengonsumsi umbi kecil ini.

5. Obat Kembung
Ternyata, bawang merah juga dapat dimanfaatkan sebagai obat kembung. Hal ini disebabkan bawang merah bersifat menghangatkan. Tentunya, khasiat ini didapat dari pengobatan luar. Anda dapat mengupas dan memukulnya hingga bawang merah koyak, kemudian tempelkan pada kulit perut anak yang sedang kembung. Ingat! Bawang merah yang dipakai harus bersih.

6. Obat Batuk
Karena bersifat menghangatkan, maka bawang merah digunakan untuk obat batuk. Bumbu ini diyakini dapat meluruhkan dahak di tenggorokan. Meskipun efek yang didapat tidak sebagus jahe, namun bawang merah bisa dijadikan salah satu makanan terapi bagi penderita batuk.

7. Membersihkan Mata
Untuk penggunaan luar, bawang merah juga berkhasiat membersihkan mata. Anda pasti sudah hafal bahwa bawang merah dapat membuat para ibu menangis. Nah, karena dapat memancing keluarnya air mata inilah yang membuat bawang merah berkhasiat membersihkan mata. Agar dapat menangis, Anda harus mengiris bawang merah karena jika dilihat begitu saja air mata tidak akan keluar.

8. Antibiotik dan Antelmintik
Bawang merah ternyata dapat membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga bersifat antelmintik yaitu pembunuh cacing. Biasanya, cacing suka tinggal di tubuh anak kecil yang belum mampu menjaga kebersihan. Konsumsi bawang merah bagi anak-anak sangat diperlukan agar cacing yang bersemayam dalam perut mati.
Untuk mendapatkan khasiat bawang merah, Anda harus mengonsumsinya secara teratur. Penggunaan bawang merah sebagai bumbu masak merupakan pilihan yang tepat karena bahan yang satu ini kurang pas bila dikonsumsi secara langsung atau dijadikan bahan utama masakan. Jika digunakan untuk terapi makanan, mungkin Anda perlu menambah porsinya sedikit lebih banyak.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar