Selasa, 04 Desember 2012

TNI AL Gandeng Pramuka Kenalkan Dunia Bahari

TNI AL menggandeng gerakan Pramuka untuk memperkenalkan kepada pemuda betapa kayanya potensi maritim di Indonesia. TNI AL ingin menarik minat pemuda melalui gerakan Pramuka agar mau mempelajari laut Indonesia.

TNI AL Gandeng Pramuka Kenalkan Dunia Bahari
foto : koran-jakarta.com

"Kita ingin mengemas pengajaran mengenai dunia maritim dengan cara bermain. Mengajak anggota Pramuka ini merupakan pilihan yang sangat strategis. Gerakan Pramuka selalu memperkenalkan para pemuda pada ilmu pengetahuan dengan cara bermain," kata Kepala Dinas Potensi Maritim TNI AL, Laksma Kingkin Suroso, saat meluncurkan Majalah SeaKing, di Jakarta, Selasa (4/12).

Menurut Kingkin, penerbitan majalah SeaKing merupakan bagian tak terpisahkan dalam sosialisasi dunia bahari. Penerbitan majalah yang rencananya terbit sebulan sekali itu adalah untuk memberikan wadah bagi para pemuda untuk berkreasi. “Kalau dulu ada istilah 'jangan lupa daratan' karena sering menjelajah di laut, saat ini harus dibalik menjadi 'jangan lupa lautan'’ karena terlalu sering di darat," kata dia.


Pengetahuan kebaharian bagi pemuda, Kingkin menambahkan, sebagai salah satu bekal untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin yang berkarakter dan menitikberatkan pada pembangunan kawasan laut. Sejumlah kegiatan kebaharian yang saat ini dikembangkan TNI AL dan digemari pemuda adalah pelatihan selam dan penjelajahan di laut. "Di Universitas Indonesia saja sudah ada tiga angkatan yang belajar menyelam," ujar dia.

Pihaknya juga sudah mengembangkan kegiatam outbond laut yang menjurus pada sea survival atau ketangguhan di laut. "Umumnya banyak mahasiswa yang jenuh hanya berpetualang di gunung. Itu makanya kita kenalkan mereka dengan penjelajahan laut," jelas dia.

Sementara itu, Staf Ahli Dispotmar TNI AL, Ruly Rahadian, menambahkan saat ini TNI AL bahkan tengah menyiapkan acara jelajah laut yang diberi nama Pelayaran Nusantara. Kegiatan pelayaran itu diikuti 1.500 anggota Pramuka se-Indonesia. "Kita ingin membentuk mindset pemuda agar mencintai laut," ujar dia.

TNI AL juga bekerja sama dengan sejumlah instansi untuk mengemas agar pemberian pengetahuan mengenai dunia bahari lebih bisa diterima kalangan muda, seperti bekerja sama dengan Pusat Penelitian Institut Teknologi Bandung dan Fakultas Seni Rupa ITB. Selain penjelajahan bahari, TNI AL juga tengah membangun kewirausahaan berbasis sumber daya laut di setiap landasan angkatan laut di seluruh Indonesia.



SUmber : KJ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar