Rabu, 05 Desember 2012

Selat Malaka Jadi Perhatian TNI AL

Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono, menyatakan TNI AL akan memberikan perhatian lebih dalam pengamanan Selat Malaka. Hal itu disebabkan posisi strategis perairan yang menghubungkan Indonesia, Malaysia, dan Singapura itu sebagai salah satu jalur perdagangan laut internasional.

Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono Memeriksa Pasukan Dalam Upacara Hari Armada
Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono Memeriksa Pasukan Dalam Upacara Hari Armada
foto : koran-jakarta.com

"Selat Malaka dilalui oleh lebih dari 64 ribu kapal pengangkut berbagai komoditas, seperti bahan makanan dan pertambangan, untuk sepertiga perdagangan dunia. Karena itu, Selat Malaka menjadi atensi pengamanan prajurit, khususnya TNI AL," kata Panglima TNI pada Peringatan HUT ke-67 Armada RI di Pangkalan Komando Armada RI Kawasan Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/12).
Dia menambahkan untuk menunjang hal itu, pihaknya tengah menyiapkan modernisasi sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) untuk meningkatkan kemampuan pertahanan TNI.


"Peningkatan kapasitas dan kapabilitas alutsista secara nasional terus dilakukan demi menjaga konsistensi pertahanan negara. Pengembangan kekuatan ini harus selalu diawasi untuk mengindari bentuk-bentuk penyimpangan agar anggaran yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan dan digunakan sebagaimana mestinya," kata dia

Peringatan ke-67 Hari Armada RI ini diikuti oleh 2.400 prajurit dari berbagai unsur TNI AL. Bertindak selaku komandan upacara, Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim, Laksma TNI Siwi Sukma Ajdi.



Sumber : KJ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar