Selasa, 18 Desember 2012

Rescue Team Lanud Husein Pandu Pendaratan Darurat Pesawat

Rescue Team Lanud Husein Sastranegara berhasil memandu pendaratan darurat pesawat Type BE190D dengan nomor registrasi ZSPJY milik operator King Air Charter, Bandung, Selasa (18/12).

Rescue Team Lanud Husein Pandu Pendaratan Darurat Pesawat
 

Menurut keterangan dari sang pilot, Captain Neil Graham Jones, pesawat yang membawa tiga orang crew kehilangan outer right main wheel saat take off dari Bandara Dilli, East Timor.

Informasi dari Kepala Seksi Base Operasi (Kasi Baseops) Kapten Lek Bashori yang saat itu juga bertugas selaku Duty Safety Officer, mewakili Komandan Lanud Husein Kolonel Pnb Sri Pulung Dwatmastu, SE., MMS., setelah melalui serangkaian koordinasi dengan Jakarta Approach dan Bandung Approach pada pukul 12.10 WIB, Pilot ZSPJY contact ke Tower Lanud Husein memohon panduan serta meminta Fire Truck berjaga-jaga untuk pendaratan darurat.


Dalam tempo singkat seluruh Rescue Team menempati posisinya masing-masing untuk mengamankan pendaratan pesawat tersebut.
Dengan instruksi Danlanud, dalam kondisi cuaca clear (cerah) pesawat berhasil mendarat melalui runway 29 dengan aman kemudian melaksanakan taxy ke apron Lanud Husein, setelah sebelumnya melaksanakan overhead sebanyak dua kali untuk meyakinkan roda sebelah kanan yang tinggal satu tersebut.

Pesawat ZSPJY take off dari Bandara Dilli menuju Bandara Husein dengan tujuan Tech Stop for Fuel (Mengisi bahan bakar), untuk meneruskan perjalanan ke Banda Aceh.



Sumber : Poskota

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar