Minggu, 16 Desember 2012

Penerjun Kopassus Lumpuhkan Musuh dalam 5 Menit

Sebanyak dua kompi (setara 300 personel) pasukan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) diterbangkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Kalimantan Timur, Sabtu (1/12) lalu. Mereka bertolak dalam misi memberantas pemberontak negara yang ada di Benua Etam. Dua kompi Para Komando (Parako) ini berangkat dengan menggunakan tiga pesawat Hercules C-103 Long Body pada pukul 16.00 Wita.

Penerjun Kopassus Lumpuhkan Musuh dalam 5 Menit
TUNTASKAN MISI: Para pasukan Kopassus berkumpul usai menyelesaikan latihan penyergapan pemberontak yang bersembunyi di hutan Kalimantan Timur.(IST/KP).
foto : kaltimpost.co.id

SEKITAR pukul 19.00 Wita, tiga pesawat Hercules tersebut sampai di langit Kalimantan Timur, tepatnya di Semoi II Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Dari atas ketinggian 1.200 feet, para pasukan elite TNI ini melakukan penerjunan malam hari di titik yang telah ditentukan. Setibanya di darat mereka segera mencari lokasi markas pemberontak yang berada di kawasan Bukit Bangkirai, Km 38 Samboja, Kutai Kartanegara.


Selama satu malam, pasukan bergerak dalam hutan dengan persenjataan lengkap. Sekitar pukul 04.30 Wita, Senin (3/12), mereka akhirnya menemukan sasaran yang dituju. Pasukan Kopassus segera melakukan penyergapan lokasi persembunyian pemberontak dari beberapa arah.

Baku tembak antara pasukan Kopassus dengan para pemberontak pun tak terelakkan. Dengan kesigapan dan strategi yang mantap para pemberontak berhasil dilumpuhkan dalam waktu lima menit. Sebanyak 60 pemberontak tewas dalam operasi ini.

Skenario di atas merupakan bagian latihan puncak yang rutin digelar tiap akhir tahun oleh Kopassus dengan nama kegiatan Gladi Lapangan Tri Buana Cakti XVIII. Latihan ini identik dengan melakukan penerjunan pada malam hari untuk kemudian melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap para pemberontak.

Tahun sebelumnya Gladi Lapangan Tri Buana Cakti XVII digelar di Kalimantan Barat. Sedangkan tahun ini latihan akan digelar sampai 23 Desember dengan mengambil sejumlah lokasi di Kalimantan Timur, termasuk Balikpapan.

Komandan Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo mengungkapkan latihan ini merupakan kali pertama yang digelar di Kalimantan Timur. “Harapan kami latihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas para prajurit Kopassus dalam segala situasi pertempuran di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Terpisah, Deputi Strategi Mayor Inf Suwondo menambahkan bahwa latihan juga bertujuan meningkatkan naluri dan kemampuan serta profesionalisme bertempur anggota Kopassus.

“Latihan akan berlangsung sampai tiga minggu ke depan, dan pada penutupan nanti rencananya dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo,” pungkasnya. 



Sumber : Kaltim Pos

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar