Kamis, 13 Desember 2012

Bangkitkan Kembali Semangat Kebersamaan dan Nasionalisme

SEJUMLAH anggota Lanud Adisutjipto yang terdiri dari 1 pleton Perwira, 1 Pleton POM Lanud Adisutjipto dan 1 Pleton Paskhas, Kamis (13/12) bersama-sama dengan instansi-instansi Pemerintah Daerah TK I DIY, TNI dan Polri, beberapa Perguruan tinggi negeri dan swasta, para siswa, masyarakat,  dan organisasi massa lainnya mengikuti Upacara Hari Nusantara tahun 2012 di Lapangan Mandala Krida Yogyakarta. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut. Kolonel Daniel M.R.

Bangkitkan Kembali Semangat Kebersamaan dan Nasionalisme


Peringatan Hari Nusantara jatuh setiap tanggal 13 Desember ini, mulai diperingati sejak 1999.

Secara resmi Hari Nusantara telah ditetapkan Pemerintah melalui Keppres No. 126/2001. Penetapkan tanggal Hari Nusantara merujuk pada pernyataan Perdana Menteri H Djuanda yang disampaikan pada tanggal 13 Desember 1957, pernyataan ini selanjutnya dikenal dengan nama Deklarasi Djuanda.


Dalam deklarasi tersebut, Indonesia berhasil menambah luas teritorial menjadi 12 mil dan Zone Economic Exclusive, yaitu bagian perairan internasional namun Indonesia mempunyai hak berdaulat untuk memanfaatkan sumber daya alam termasuk yang ada di dasar laut dan di bawahnya serta Landas Kontinen sejauh 300 mil.

Usai mempimpin upacara Peringatan Hari Nusantara tahun 2012 Komandan Pangkalan TNI  Angkatan Laut mengajak  kepada seluruh komponen bangsa untuk memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa. "Bangsa Indonesia perlu memperkuat Wawasan Nusantara sebagai bentuk penghargaan kepada para pendahulu yang telah berjuang sekuat tenaga demi terwujudnya Negara Republik Indonesia yang berdaulat"

Kepala Dinas Personel Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Muhammad Syafii secara terpisah  berharap semoga dengan peringatan Hari Nusantara ini dapat  menjadi spirit untuk mencegah disintegrasi bangsa dan menjaga serta membangun NKRI menjadi lebih baik. Selain itu, menurutnya hari Nusantara ini juga untuk membangkitkan kembali semangat kebersamaan  dan nasionalisme.” tegasnya. (pentak adisutjipto)

Keterangan gambar:Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU,  Kompi E. BS, turut mendukung Upacara Hari Nusantara tahun 2012 di Lapangan Mandala Krida, Yogyakarta, Kamis(13/12).


Sumber : Potret Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar