Sabtu, 01 Desember 2012

8 Mitos Keliru Seputar Perawatan Kecantikan

Banyak mitos yang beredar di dunia kecantikan, namun hanya sedikit yang tepat. Sayangnya, tak jarang wanita terjebak dalam mitos yang keliru sehingga justru merusak penampilannya.

Apakah Anda pernah mengikuti delapan mitos yang dilansir Real Simple berikut ini? Jika ya, sebaiknya segera tinggalkan dan bealihlah pada tips kecantikan yang tepat.

1. Duduk Sambil Menyilangkan Kaki Membuat Varises
Duduk sambil menyilangkan kaki tidak akan menyebabkan varises. Justru orang yang mempunyai pekerjaan yang mengharuskan mereka banyak berdiri, lebih mudah terkena varises karena pada saat berdiri, jaringan pembuluh darah bekerja ekstra keras untuk memompa darah dari kaki ke jantung. Jika katup yang menjaga darah mengalir dalam satu arah pembuluh Anda tidak berfungsi dengan baik, penyatuan darah dapat terjadi dan mengakibatkan varises.

2. Selulit dapat Dihilangkan
Timothy Flynn, seorang profesor dermatologi klinis di University of North Carolina di Chapel Hill School of Medicine, menyatakan tidak ada yang bisa menghilangkan selulit secara permanen, bahkan sedot lemak sekalipun. Selulit terdiri dari timbunan lemak yang terjebak di antara band-fibrosa dan jaringan-jaringan di bawah kulit. Band-fibrosa menekan lemak di bawah kulit dan menghasilkan tekstur yang kental. Besar tidaknya jaringan gen dalam tubuh Anda mempengaruhi terlihatnya selulit atau tidak. Menghilangkan selulit secara permanen mustahil dilakukan, tapi Anda tetap bisa menyamarkan selulit tersebut dengan krim yang dijual di pasaran.

3. Mencukur Rambut Sebabkan Tumbuh Lebih Tebal dan Gelap
Rambut pada tubuh mempunyai sifat yang sama seperti rambut pada kepala, tebal di akar dan tipis pada pangkalnya. Mencukurnya, akan menyebabkan rambut pada akar tumbuh terlebih dulu sehingga terlihat tebal, namun setelah memanjang ujung bulu tersebut akan menipis. Mitos mencukur rambut akan mempertebal pertumbuhannya, tentu saja hal tidak benar karena pencukuran tidak akan mempengaruhi lebar, kepadatan maupun warna rambut tersebut. Begitulah penjelasan dari Heather Woolery-Lioyd, seorang dokter kulit dari Miami.

4. Mengoleskan Petroleum Jelly ke Wajah di Malam Hari Mencegah Penuaan
Petroleum jelly adalah agen pelembab yang sangat kuat; memasukkan minyak ke dalam kulit dan mencegah pelembab keluar melalui penguapan. Krim ini memang bisa mencegah timbulnya keriput karena mampu menjaga kelembaban kulit, namun tidak bisa memperlambat proses penuaan.

5. Terlalu Sering Pakai Kuteks Membuat Kuku Kuning
Mitos ini ada benarnya, bukan karena zat kimia yang meracuni permukaan jari-jari Anda. Pori-pori pada kuku menyerap warna dari kuteks, terutama jika kuteks tersebut berwarna lebih gelap. Jadi untuk menghindari hal ini sebaiknya gunakan base-coat terlebih dulu sebelum mengaplikasikan kuteks.

6. Anda Dapat Mengubah Ukuran Pori-pori Kulit
Faktanya, ukuran pori-pori tidak bisa diperbesar maupun diperkecil, yang bisa dilakukan adalah membuat pori-pori terlihat kecil. Cara tradisional untuk mendapatkan itu adalah dengan memakai masker putih telur.

7. Menyisir Rambut Seratus Kali Sehari Membuat Rambut Bersinar
Justru hal ini malah membuat rambut Anda tidak sehat. Menyisir rambut sebanyak 100 kali dinilai terlalu banyak dan memicu timbulnya kerontokkan. Jika Anda ingin mendapatkan rambut yang bersinar, oleskan saja vitamin rambut.

8. Mengoleskan Body Butter dan Minyak Zaitun Menghilangkan Stretch Marks
Sayangnya ini hanya mitos, karena stretch marks berada di bawah jaringan kulit yang tidak bisa dijangkau oleh kedua krim tersebut. Stretch marks bisa dihilangkan dengan perawatan intensif di klinik kecantikan atau operasi, namun tidak bisa hilang total. (wolipop.com)


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar