Senin, 26 November 2012

TNI AU dan RSAF Laksanakan Latihan di Lombok

EMPAT pesawat Hawk 109/209 TNI AU dan enam pesawat F-5 Tiger Royal Singapore Air Force (RSAF) melaksanakan  latihan Combined Formation Flight/terbang formasi bersama di wilayah Lombok  dan Sumbawa, Senin (26/11).

Pilot Pesawat Tempur Hawk TNI AU
Pilot Pesawat Tempur Hawk TNI AU
foto : majalahpotretindonesia.com
 
Combined Formation Flight merupakan bagian dari latihan bersama (Latma) Indopura XVII/12 antara TNI Angkatan Udara dengan RSAF. Pada kesempatan tersebut dilaksanakankan pula photo sesstion pada masing-masing pesawat serta gabungan kedua jenis pesawat.

Pada bagian kedua latihan dilaksanakan Ground Air Tactic atau taktik penyerangan ke darat oleh pesawat-pesawat TNI AU dan RSAF di wilayah Sumbawa.

Dalam Latma Indopura XVII/12, TNI AU didukung oleh pesawat Hawk 109 dan 209 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak serta satu pesawat Puma SA-330 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor. sedangkan RSAF didukung  pesawat F-5 Tiger dari Skadron Udara 144 Black Kite.


Secara spesifik Latma Elang Indopura ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para penerbang kedua angkatan udara dalam melaksanakan operasi udara bersama untuk menanggulangi kemungkinan adanya gangguan keamanan di wilayah perbatasan kedua negara.

Latma Indopura pada pelaksanaannya meliputi Command Post Exercise (CPX), Air Manouver Exercise (AMX) serta bakti sosial sebagai kegiatan tambahan.

Keterangan gambar: Para Penerbang Hawk 109/209 TNI AU usai melaksanakan penerbangan Combined Formation Flight dengan F-5 Tiger RSAF di Bandara Internasional Lombok (BIL).


Sumber : Potret Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar