Selasa, 13 November 2012

Semakin tua, wanita semakin puas bercinta


Semakin tua, wanita semakin puas bercinta


Meski keinginan untuk melakukan hubungan seksual menurun, namun tingkat kepuasan wanita semakin naik seiring bertambahnya usia, ungkap penelitian.

Ilmuwan dari University of California, San Diego School mengamati aktivitas dan kepuasan seksual 806 wanita dewasa di Rancho Bernardi Study.

Penelitian ini kemudian mengukur aktivitas seksual, kesehatan, penggunaan hormon, penggunaan pelumas,orgasme, dan rasa sakit selama melakukan hubungan seksual, serta keinginan dan kepuasan seksual wanita.

Wanita yan diamati rata-rata berusia 67 tahun dan 63 persennya telah mengalami menopause. Sekitar 50 persen responden mengaku masih aktif secara seksual selama empat minggu terakhir.
Penelitian menunjukkan bahwa keinginan melakukan hubungan seksual menurun ketika usia bertambah, Wanita yang paling tua dan paling muda dilaporkan memiliki tingkat kepuasan seksual tertinggi dan yang paling sering mencapai orgasme. Sekitar 67 persen partisipan mengaku selalu mencapai orgasme setiap kali bercinta.

Sementara itu, penurunan hasrat seksual juga terjadi pada wanita yang lebih tua. Sekitar 40 persen wanita mengaku hampir tak pernah merasakan gairah bercinta, dan sepertiga partisipan diketahui memiliki keinginan seksual yang rendah.

"Kami menemukan bahwa setengah wanita yang berusia 8- tahun masih merasakan rangsangan, menggunakan pelumas dan lebih sering merasa orgasme saat bercinta. Namun mereka jarang sekali merasakan gairah seksual," ungkap ketua peneliti Elizabeth Barrett-Connor, Profesor dari divisi Epidemology, Department of Family and Preventive Medicine, University of California.

Sekitar 61 persen wanita dalam penelitian ini dilaporkan memiliki kehidupan seksual yang memuaskan. Meski seringkali usia tua dikaitkan dengan anggapan turunnya gairah seksual, namun prosentase kepuasan seksual justru meningkat seiring bertambahnya usia.

"Dalam penelitian ini, aktivitas seksual tak selalu penting bagi kepuasan seksual. Mereka bisa saja merasa puas hanya dengan menyentuh, mencium, dan kegiatan intim lainnya untuk meningkatkan hubungan jangka panjang," pungkas penulis penelitian, Susan Trompeter, seperti dilansir oleh Times of India (10/11).


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar