Jumat, 23 November 2012

New York Times: Roket Iran di Gaza Sedot Perhatian Dunia

Koran AS: Roket Iran Ubah Wajah Gaza
Roket Palestina menghantam sebuah rumah di Israel

BERITA TERKINI, Surat kabar AS, New York Times, menilai kemajuan Republik Islam Iran di sektor militer dan persenjataan telah mengubah konstelasi perang delapan hari di Jalur Gaza.

Fars News melaporkan, Koran New York Times dalam laporannya mengenai perang delapan hari Jalur Gaza menulis, "Roket-roket Iran di Jalur Gaza telah membuat pemerintah Tehran terkenal."

Koran ini dalam awal laporannya mengisyaratkan papan iklan yang terpampang di jalan tol Niyayish Tehran. "Tujuan dari papan iklan tersebut yang terpampang rudal dengan pesan "tujuan Tel Aviv" mengingatkan kemampuan rudal Iran kepada warga Tel Aviv," tulis New York Times.

Koran ini menambahkan, di saat rakyat Iran tidak begitu memperhatikan papan iklan tersebut, roket-roket buatan Tehran di Gaza menyedot banyak perhatian. "Agresi Israel ke Gaza dan balasan para pejuang Palestina dengan bantuan roket Iran yang untuk pertama kalinya kota-kota penting Israel menjadi sasaran Hamas telah mengubah kondisi yang ada menguntungkan Iran," tambah New York Times.

Di bagian lain laporannya koran ini menulis, "Di perang Gaza, roket buatan Iran Fajr-3 dan Fajr-5 telah memberi kemampuan Hamas dan Jihad Islam untuk menyerang jantung Israel. Hal ini telah memaksa warga Zionis berduyun-duyun menyembunyikan diri di bunker-bunker. Para pemimpin Palestina menilai teknologi persenjataan Iran lebih besar dari bantuan finansial dan politik."

Koran AS ini mengisyaratan statemen para petinggi Iran dalam memberikan dukunan senjata kepada Palestina. "Petinggi Iran kini tanpa sembunyi-sembunyi menegaskan telah mengubah konstelasi perang kali ini," lapor New York Times.

Sumber : Republika.online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar