Senin, 09 Juli 2012

Ternyata Banyak Makan Rumput Laut Bisa Merusak Gigi

Banyak Makan Rumput Laut Bisa Merusak Gigi
Teksturnya yang halus dan lembut menyimpan banyak nutrisi. Dipakai sebagai bahan membuat agar-agar juga diproses dan dikeringkan sebagai lembaran yang jadi pembungkus sushi. Tapi, jika terlalu banyak makan rumput laut ternyata bisa merusak gigi.

Rumput laut merupakan salah satu jenis sayuran laut yang rendah kalori, bebas lemak dan tinggi serat. Selain itu juga mengandung kalsium, zat besi, mineral dan vitamin C. Sayuran laut ini juga mengandung asam lemak omega-3. Meskipun begitu, ternyata jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan gigi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Newcastle, menemukan bahwa mikroba yang terdapat pada rumput laut dapat merusak gigi. Hasil penemuan ini nantinya akan diumumkan pada masyarakat saat Applied Microbiology Summer Conference.

Organisme ini akan menimbulkan plak gigi dan akhirnya mengikis email gigi hingga menyebabkan gigi berlubang. Sementara saat ini pasta gigi belum efektif untuk menjangkau daerah-daerah sela gigi. “Pengobatan yang efektif untuk mencegah terjadinya plak gigi adalah dengan enzim.” ujar Dr. Nicholas Jakubovics dari Newcastle University's School of Dental Sciences.

Penelitian yang dilakukan dilaboratorium ini menggunakan gigi tiruan lengkap, hasilnya setelah diberikan pasta gigi yang mengandung enzim, obat kumur dan larutan pembersih gigi, menunjukkan bahwa enzim yang ada didalamnya dapat mengurangi plak pada gigi.

Rumput laut mudah dijumpai, seperti pada es campur, agar-agar dan sushi. Namun konsumsinya perlu dibatasi dan ada baiknya setelah mengonsumsi rumput laut segeralah menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung enzim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar