Senin, 09 Juli 2012

Makanan Yang Boleh dan Jangan Dikonsumsi Saat Haid

img 
Menstruasi sering kali menyiksa sebagian besar wanita. Perut keram, mual, emosi naik turun dan nyeri kepala merupakan gejala yang seringkali dialami. Beberapa jenis makanan dan minuman diyakini dapat memberikan pengaruh baik pada siklus menstruasi. Namun ada beberapa makanan juga yang sebaiknya dihindari. Seperti yang dikutip dari sheknows, berikut makanan dan minuman yang boleh dan jangan dikonsumsi saat haid.

1. Makan Karbohidrat Komplkes
Menurut Tari Rose, seorang konsultan kesehatan dan fitnes, "buah, sayuran dan makanan yang terbuat dari gandum adalah teman terbaik Anda sepanjang waktu, terutama saat haid. Gula dari buah dapat bantu mengurangi ketagihan akan gula."

2. Hindari Meminum Kafein
Tidak mengonsumsi kafein dapat bantu megurangi kembung di perut. "Kafein dapat meningkatkan asam lambung dan bisa berakibat buruk pada usus yang sensitif," ujar koki profesional dan pakar hidup sehat, Jennifer Iserloh.

3. Makan Makanan Berkalsium Tinggi
Menurut pakar kesehatan holistik dan ahli gizi, Latham Thomas, wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium tiap harinya. "Beberapa sumber kalsium yang baik adalah brokoli dan yogurt."

4. Jangan Makan Terlalu Banyak Garam
Garam yang berlebihan dapat membuat perut kembung. Iserloh menyarankan untuk sebaiknya mengonsumsi garam 2.300 mg tiap harinya atau setara dengan 1 sendok teh garam. "Cara terbaik mengurangi garam adalah dengan tidak memakan junk food yang mengandung tiga sampai empat sendok garam untuk satu makanan," jelas Iserloh lagi.

5. Manjakan Diri dengan Dark Chocolate
Menurut Rose, sepotong dark chocolate (dengan kandungan biji kakao 60% atau lebih) setiap hari selama haid dapat menahan nafsu makan. Selain itu, dark chocolate mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan serotonin, yang bergunan memperbaiki mood Anda.

6. Lebih Banyak Mengonsumsi Air Mineral
Rose menjelaskan bahwa meminum lebih banyak air akan bantu tubuh menyimpan air dan menurangi kembung. "Tubuh Anda menyimpan air karena takut tidak mendapatkan cairan yang cukup. Jadi, jika Anda meminum air, maka air yang 'ditahan' akan berganti dan dikeluarkan tubuh."

7. Makan Makana Kaya Manesium
"Makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang, tahu dan kacang tanah diperkirakan dapat mengurangi kembung ketika sedang menstruasi," ungkap Thomas.

8. Jangan Lupa Mengonsumsi Vitamin
Thomas juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin. Vitamin E yang didapat dari alpukat atau kuning telur dapat bantu menghilangkan beberapa gejala PMS. Vitamin C dan zinc dapat menjaga kesehatan sel telur dan sistem reproduksi. Jadi tak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi jeruk dan strawberry.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar